0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran, PT KAI Sediakan Angkutan Motor Gratis

Gerbong yang digunakan sebagai pengangkut sepeda motor pemudik (dok.timlo.net/dhefi)
Solo — PT Kereta Api Indonesia (KAI) sediakan fasilitas angkutan sepeda motor gratis bagi para pemudik. Fasilitas tersebut diberikan untuk mengurai kepadatan bagi para pemudik saat di jalan raya.
Untuk memfasilitasi penyelenggaraan angkutan motor gratis ini, PT KAI mengerahkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan 1 dan 7 kereta bagasi untuk lintas selatan 2,” ujar Manager Humas Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto dalam rilis yang dikirim kepada Timlo.net, Sabtu (30/4).
Dengan jumlah kereta tersebut, dia menjelaskan dapat menampung 15.834 motor bagi pemudik. Kapasitas itu meningkat jika dibanding kuota yang disediakan pada periode sebelumnya yang hanya dapat menampung 9.900 motor.
 
“Kereta api angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama 6 hari saat arus mudik, yakni mulai tanggal 28 Juni – 3 Juli 2016 dan selama 7 hari operasi saat arus balik mulai tanggal 10-16 Juli 2016,” jelasnya.
 
Sedangkan rute yang akan dilalui diantaranya adalah
1.  Lintas Utara: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Surabaya Pasarturi
     Stasiun pemberhentian: Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Semarangtawang, Ngrombo,           Cepu, Bojonegoro, Babat
2.  Lintas Selatan 1: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kutoarjo
     Stasiun pemberhentian: Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo
3. Lintas Selatan 2: Stasiun Jakarta Gudang – Stasiun Kediri
     Stasiun pemberhentian: Lempuyangan, Klaten, Solo Jebres, Madiun, Kertosono
Pendaftaran angkutan motor gratis ini sudah dibuka sejak 8 Maret 2016 hingga 6 Juni 2016 di Stasiun Jakarta Gudang dan Pasarsenen, Jakarta. Bagi masyarakat yang telah mendaftar pada periode 8 Maret s.d. 6 Mei 2016, PT KAI memfasilitasi untuk pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga (2 dewasa, 1 anak max. 11 tahun) untuk satu unit motor.
“Sementara bagi mereka yang mendaftar setelah tanggal 6 Mei 2016  tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge