0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Claude Shannon: Google Doodle Rayakan Ultah ke-100 Bapak Teori Informasi

Doodle Claude Shannons. (Dok: Timlo.net/ News18.com)

Timlo.net—Dikenal sebagai bapak teori informasi, Claude Shannon adalah ahli matematika, teknisi listrik dan ahli pembaca sandi Amerika.

Sebagai seorang ahli pembaca sandi untuk pemerintah Amerika Serikat (AS) di masa Perang Dunia II, Shannon mengembangkan sandi pertama yang tidak bisa dipecahkan. Claude menciptakan beberapa benda misalnya Theseus, yang mirip dengan kecerdasan buatan di zaman modern, frisbee yang ditenagai roket dan terompet yang menyemburkan api.

Ahli matematika ini paling terkenal karena teori komunikasi matematika ciptaannya yang dipublikasikan pada 1949. Dalam teori ini dia memperkenalkan teori informasi, sebuah cabang matematika yang berfokus pada pengiriman data digital. Dalam karyanya ini, dia menciptakan istilah “bit” sebuah unit informasi dasar yang berhubungan dengan kepastian digital: salah atau benar, hidup atau mati, ya atau tidak.

Shannon juga pernah bekerja dengan Albert Einstein dan Alan Turing. Dia mengerjakan komunikasi elektronik dan pengolahan sinyal yang membuat dia memperoleh gelar “bapak teori informasi”. Teorinya menyebabkan terjadinya perubahan revolusioner dalam hal penyimpanan dan pengiriman data.

Memperingati hari ulang tahunnya yang ke-100, Google memposting sebuah doodle yang diciptakan oleh seniman Nate Swinehart. Doodle ini merayakan kecerdasan dan kegembiraan dari bapak komunikasi modern.

Sumber: News18.com

 

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge