0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seniman Muda Pentaskan Konflik Pajang Mataram

Kembang Katresnan (ist)

Solo — Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS) akan mementaskan lakon ”Kembang Katresnan”. Pementasan ketoprak berlangsung di Gedung Kesenian Taman Balekambang, Solo, Sabtu (30/4) mendatang.

“Kali ini kami ingin menyuguhkan ketoprak garap. Biasanya setiap mau pentas, sehari sebelumnya kami hanya penuangan naskah, di panggung pemain menggandalkan improvipasi. Pentas kali ini ditangani anak-anak muda dan mencoba berpegang pada naskah,” jelas Koordinator KSMS, Tatak Prihantoro, Kamis (28/4).

Lebih lanjut Tatak menyampaikan, sutradara diserahkan generasi muda KSMS, yaitu Dwi Mustanto, yang berlatar pemain teather.

Sementara Dwi Mustanto, memaparkan lakon Kembang Katresnan yang akan dipentaskan menggunakan naskah Bondan Nusantara, sutradara ketoprak senior dari Yogyakarta. Lakon berlatar belakang perang antara Pajang dan Mataram. Konflik peralihan kekuasaan dari Sultan Hadi Wijaya ke anaknya sendiri Sutawijaya yang mendirikan kerajaan Mataram bergelar Panembahan Senopati.

“Kisah ini heroik, di tengah konflik, terjadi kisah asmara diantara dua manusia, yang berujung pada lunturnya persaudaraan, kasih sayang dan kekerabatan, hanya karena ambisi kekuasaan,” ungkap Dwi Mustanto.

Untuk mementaskan lakon Kembang Katresnan, diadakan beberapa kali latihan, agar para pemain tetap berada pada jalur cerita seperti yang dituangkan dalam naskah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge