0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahas Keamanan Laut, Malaysia dan Filipina Diundang ke Jakarta

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia mengundang perwakilan negara Filipina dan Malaysia membahas masalah keamanan perairan di tiga negara. Pertemuan dilangsungkan di Jakarta pada 5 Mei mendatang, dihadiri oleh Menteri Luar Negeri ketiga negara dan juga Panglima Militer.

“Rencana pertemuan bilateral Indonesia, Malaysia, Filipina akan terjadi dalam bentuk 2+2. Akan dihadiri oleh Menlu RI dan panglima TNI, Menlu dan Panglima Malaysia dan Filipina,” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Kamis (28/4).

Pria akrab disapa Tata ini menyebutkan pertemuan tersebut atas instruksi Presiden Joko Widodo. Pertemuan ini dilakukan agar perwakilan tiga negara duduk bersama untuk membahas meningkatkan keamanan di wilayah yang banyak terjadi perompakan.

“Semua (perwakilan) sudah konfirmasi akan hadir. Pertemuan akan diawali dengan courtesy call dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan akan bahas situasi maritim di kawasan titik temu tiga negara tersebut,” lanjut dia.

Tujuan pertemuan ini, lanjut Tata, agar kerja sama di bidang ekonomi ketiga negara tidak terganggu karena meningkatnya ancaman di wilayah tersebut mengganggu jalur dagang ketiga negara. Selain itu, diharapkan adanya hasil berupa kesepakatan bersama.

“Diharapkan hasil joint statement berupa penjagaan keamanan di kawasan, penjagaan stabilitas kegiatan ekonomi dan pergerakan masyarakat di kawasan, serta upaya meningkatkan koordinasi militer di wilayah titik temu tersebut,” ujar Tata.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari koordinasi tiga negara melawan tindakan perompakan di wilayah tersebut. Sebanyak 14 warga negara Indonesia dan juga empat WN Malaysia, serta seorang warga Filipina disandera oleh kelompok diduga Abu Sayyaf di wilayah selatan Filipina.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge