0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkop UKM Blusukan ke Pabrik Rempah-Rempah

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, batik oranye, blusukan ke pabrik rempah-rempah di PT Agri Spice Indonesia di Ketandan, Kecamatan Klaten Utara. (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Selesai mengunjungi Teras PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pasar Induk Kota Klaten, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga blusukan ke pabrik rempah-rempah. Pabrik milik PT Agri Spice Indonesia ini berlokasi di Ketandan, Kecamatan Klaten Utara.

“Kami bergerak di bidang rempah-rempah. Ambil bahan bakunya dari koperasi di seluruh Indonesia,” kata Kepala Bidang Produksi PT Agri Spice Indonesia Klaten, Imbi Purmaning, Rabu (27/4).

Pantauan Timlo.net, Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bersama rombongan tiba sekitar pukul 15.20 WIB. Selama hampir satu jam, dia berkeliling melihat proses pengolahan rempah-rempah di 11 gudang pabrik seluas lapangan sepakbola ini.

“Pak Menteri tadi melihat-lihat proses pengolahan panili, sortir cengkeh, proses sortir kasia atau kayu manis hingga meninjau laboratorium,” ujar Imbi di sela-sela kunjungan Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Disebutkan bahan baku rempah-rempah tersebut diambil dari berbagai koperasi yang tersebar di penjuru Indonesia. Diantaranya, panili dari Flores, cengkeh dari Sulawesi Selatan, kasia dari Padang dan Bengkulu, pala dari Siau dan Ternate.

“Mayoritas kita ekspor. Sebagian ke Amerika, Eropa di Prancis, panili ke Jerman. Untuk gambaran produksinya kita kirim setiap minggu dengan rata-rata produksi satu kontainer atau 25 ton,” tambah dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge