0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkop UKM Targetkan KUR Per Bulan Rp 9 T

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (tengah batik oranye) saat meninjau pabrik pengolahan rempah-rempah PT Agri Spice Indonesia di Ketandan, Kecamatan Klaten Tengah (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Klaten menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) pada tahun 2016 mencapai Rp 371 Miliar. Hal itu disampaikan disela-sela kunjungan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Teras BRI Pasar Induk Kota Klaten, Rabu (27/4) sore.

“Target KUR tahun ini naik dua kali lipat dibanding tahun lalu. Hingga Maret ini sudah tersalurkan Rp 168 Miliar. Kami optimis, November sudah tercapai,” ujar Pimpinan Cabang BRI Klaten Sarwanto Yuwono.

Sementara itu, Manajer Bisnis Mikro BRI Cabang Klaten, Muhammad Irfan menerangkan, total ada 912 pedagang di Pasar Induk Klaten Dari jumlah itu, sebanyak 324 pedagang di telah menjadi debitur KUR dengan realisasi Rp 5,038 Miliar sejak Januari lalu.

“Mereka menjadi nasabah BRI Unit Klaten Tengah, Klaten Kota, Klaten Selatan, dan Jogonalan. Itu belum termasuk KUR rakyat Rp 2,781 Miliar,” terang dia.

Sedangkan Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengingatkan penyaluran KUR memperhatikan hal lain dari target KUR. Pasalnya, pemerintah menargetkan penyaluran KUR seluruh Indonesia Rp 100-120 Triliun pada tahun ini. Artinya, minimal setiap bulan harus terserap Rp 9 Triliun.

”Cuma masalahnya berkualitas atau tidak. Indikasi berkualitas ini apa? Kredit macetnya nol persen. Nah ini kami cek lagi meski sejauh ini belum ada kredit macet. Kami akan keliling memastikan KUR terserap dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucap dia yang kemudian melanjutkan kunjungannya ke PT Agri Spice Indonesia di Ketandan, Kecamatan Klaten Utara.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge