0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Pasangan Tak Resmi Terjaring Razia di Rumah Kos

Pasangan yang terjaring razia mendapat pembinaan di kantor Satpol PP Solo (dok.timlo.net/rosyid)

Solo – Tiga pasangan sekamar tanpa hubungan pernikahan di beberapa kos-kosan di Kecamatan Jebres dan Banjarsari terjaring Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Rabu (27/4). Pasangan tersebut kemudian dibawa ke kantor Satpol PP untuk dibina dan dipulangkan ke rumah masing-masing.

“Itu jelas perbuatan asusila. Tadi langsung ditangani oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil untuk dibina dan dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan,” kata Kepala Satpol PP, Sutarjo (27/4).

Awalnya, Satpol PP berencana mensosialisasikan Peraturan Daerah No 9/2014 tentang rumah pemondokan kepada pemilik kos. Namun selama sosialisasi, petugas justru mendapati tiga pasangan tersebut tinggal sekamar tanpa ikatan pernikahan.

Menurut data dari Satpol PP, usia pasangan sekira 20-30 tahun. Kebanyakan adalah warga luar kota yang bekerja paruh waktu di Solo.

“Pemilik pondokan langsung kita beri surat peringatan satu. Kalau sampai berulang tiga kali akan ada tindakan tegas,” kata dia.

Kemarin, Satpol PP sempat menjaring 7 pasang serupa selama kegiatan sosialisasi Perda. Dengan demikian, jumlah total pasangan tidak sah yang kedapatan tinggal sekamar sudah mencapai 10 pasang. Selanjutnya, ia mengimbau supaya masyarakat tidak melanggar norma susila.

“Pasangan tanpa ikatan pernikahan ini nantinya akan merepotkan pemerintah juga. Kalau sampai punya anak, yang bikin akte nanti bagaimana. Anaknya juga kasihan nantinya,” imbuhnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge