0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Reklamasi Jalan Terus

Proyek reklamasi Teluk Jakarta (merdeka.com)

Timlo.net – Proyek reklamasi Teluk Jakarta tidak menutup kemungkinan akan dilanjutkan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan mengeluarkan revisi Keppres untuk menghindari tumpang tindih aturan hukumnya.

“Moratorium 6 bulan ini untuk beresin mana yang pemahaman-pemahaman yang bertabrakan ini. Ini keliatan tadi saran dari rapat Keppres juga akan direvisi menyesuaikan dengan UU yang baru keluar,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rabu (27/4).

Seperti diketahui, saat ini masih tetap diberlakukan moratorium untuk menyamakan pemahaman hukum yang sebelumnya bertabrakan. Selama moratorium berlangsung, Presiden Jokowi telah meminta Menteri PPN/Kepala Bappennas untuk membuat master plan untuk proyek Integrated Coastal Development (NCICD).

“Proyek ini selanjutnya akan disebut Garuda Project karena ini memang proyek besarnya. Proyek ini sebenarnya berbeda dengan reklamasi di pulau-pulau yang disebut pulau A,B,C dan seterusnya sampai 17 pulau itu,” kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Pramono menjelaskan Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri PPN/Kepala Bappennas untuk membuat master plan proyek NCICD tersebut dalam waktu enam bulan ke depan yang dibarengi dengan moratorium reklamasi 17 pulau. Sebab, nantinya proyek NCICD tersebut akan terintegrasi dengan reklamasi 17 pulau.

“Presiden telah memberikan arahan dan juga sekaligus meminta kepada Bappennas selama moratorium selama enam bulan ini untuk menyelesaikan program besarnya, planing besarnya antara program NCICD dengan terintegrasi bersama dengan reklamasi yang 17 pulau,” ujarnya.

Pramono menjelaskan Presiden Jokowi melarang pihak swasta ikut andil dalam proyek besar ini. Dia menyatakan pemerintah harus mengendalikan penuh, yaitu dipegang penuh oleh Pemerintah Pusat, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat dan Pemprov Banten.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge