0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak Panti Asuhan Praktek Bikin Brownies

Pelatihan membuat brownies bagi siswa panti asuhan (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Sebanyak 20 siswa dari dua Panti Asuhan di Kabupaten Sragen mengikuti pelatihan usaha di Aula Dinas Sosial (Dinsos) Sragen. Mereka diajarkan 6 keahlian tata boga sebagai bekal ketrampilan menjelang kelulusan mereka dari SMA/SMK pada tahun ini.

“Tujuan kita melaksanakan kegiatan ini adalah agar anak setelah purna bina tidak merepotkan orang tua dan dapat mandiri,” kata Kabid Pengembangan Sosial Dinsos Sragen, Siti Pramugariningsih, Rabu (27/4).

Kedua puluh siswa SMA/SMK kelas XII tersebut merupakan siswa kurang mampu. Selama ini mereka tinggal di Panti Asuhan Permadi Siwi milik Dinsos Provinsi Jawa Tengah dan Panti Asuhan Aisiyah Muhammadiyah Sragen.

Pelatihan usaha tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Selasa (26/4) hingga Kamis (28/4). Mereka diajarkan cara membuat mie, brownies, donat, onde-onde, kripik pisang dan steak keju. Hal itu ditujukan agar puluhan siswa purna binaan tersebut mampu berdikari setelah lepas dari Panti Asuhan dan kembali di tengah-tengah masyarakat.

Selain membekali ketrampilan usaha, pihaknya juga memberikan sejumlah bantuan peralatan memasak, mulai dari kompor dan teflon terhadap 20 siswa tersebut. Keseluruhan biaya yang dikeluarkan ditanggung oleh Pemerintah.

“Ini kegiatan yang ketiga kalinya. Rancananya akan dibuat rutin dan dapat dilaksanakan setahun sekali. Semua tergantung dana,” ujarnya.

Salah satu siswa, Harfi Adidah (18) mengaku senang diberi kesempatan belajar tata boga di Dinsos. Pelatihan itu sangat bermanfaat untuk bekal hidup setelah keluar dari panti.

“Senang sekali, bisa tambah wawasan untuk bekal hidup nanti di masa depan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge