0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gelapkan Aset Koperasi Rp 2 Miliar, Sonny Dipolisikan

pelapor didampingi kuasa hukumnya menunjukan SP2HP dari Polresta Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)
Solo — Seorang deposan Koperasi Insan Mandiri Jaya (KIMJ), dilaporkan atas penggelapan aset koperasi senilai Rp 2 miliar. Deposan yang lantas diketahui bernama Tandyo Sugiyono Cahyadi alias Sonny (54), dilaporkan oleh pengurus koperasi, Wisnu Kretarto (49) ke Polresta Solo beberapa waktu lalu, dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Uang sejumlah Rp 2 miliar itu hanya dititipkan kepada saudara Sonny, dan sewaktu-waktu bisa diambil. Tetapi pada saat diminta, yang bersangkutan tidak bisa memberikan uang tersebut,” ujar kuasa hukum pengurus KIMJ, Suhadi SH, Rabu (27/4).

Kasus ini bermula ketika Koperasi Insan Mandiri Jaya dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga Semarang, sehingga mereka terpaksa menjual aset senilai Rp 2,9 miliar. Kemudian uang yang akan dibagikan kepada deposan itu dititipkan kepada Sonny senilai Rp 2 miliar.

Sebelum dilaporkan, pihak koperasi telah berupaya untuk menemui Sonny, namun dirinya tetap bersikukuh tidak mau mengembalikan uang tersebut. Selain itu pihak koperasi juga telah melayangkan somasi kepada Sonny dan tidak menemui jawaban.

“Setelah itu kita laporkan, dan memang benar sudah ditetapkan tersangka berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) karenanya kita minta supaya Sonny ditangkap, agar uang milik koperasi tidak hilang,” papar Suhadi.

Sementara, pengacara Sonny, Effendi Siahaan, membenarkan kalau kliennya sudah ditetapkan tersangka. “Benar, dan sudah ada surat panggilan terhadap klien kami. Namun perkara ini panjang, akan saya jelaskan dalam waktu dekat kita ketemu,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge