0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hadapi May Day, Polres Rutin Gelar Latihan Dalmas

Pelatihan Dalmas Satuan Sabhara Polres Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day tanggal 1 Mei mendatang, Polres Sragen bakal menyiagakan sekitar 300 personel. Mereka akan ditempatkan untuk memantau kegiatan buruh di sejumlah pabrik di Bumi Sukowati.

“Sragen sendiri memang tidak berpotensi terjadi aksi kerusuhan pada saat May Day, tapi kita tetap lakukan antisipasi. Hanya persiapan personel dan peralatan saja,” kata Kasat Sabhara Polres Sragen AKP Agung Ari Purnowo, mewakili Kapolres AKBP Ari Wibowo, Selasa (26/4).

Menurut AKP Agung, untuk menghadapi May Day pihaknya beberapa hari ini telah melakukan latihan pengendalian massa (Dalmas) di halaman Mapolres yang mendapat pantauan langsung dari Wakapolres Kompol Danu Pamungkas Totok. Dalam latihan tersebut melibatkan sekitar 52 personel atau 2 satuan setingkat pleton (SST).

Mereka dilatih untuk mencegah tangkal kerusuhan massa dengan menggunakan senjata laras panjang, tongkat dan tameng. Pelatihan ini sebenarnya tidak hanya dilakukan menjelang May Day, tapi merupakan rutinitas untuk meningkatkan kemampuan sabhara.

AKP Agung menambahkan, dari beberapa perusahaan  yang mempunyai jumlah tenaga kerja banyak, ada satu perusahaan yang bakal mendapat pantauan lebih, yaitu PT Duta Merlin Sandang Tekstil (DMST) Sragen. Rencananya, Kamis (28/4), pihaknya juga akan menggelar simulasi pengendalian massa dengan melibatkan berbagai satuan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge