0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Miris, Sebagian Besar Angkatan Kerja Hanya Lulusan SMP

Puan Maharani (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan, 65 persen angkatan kerja hanya berpendidikan setara SMP. Sedangkan 25 persen setara SMA dan sisanya 10 persen berpendidikan tinggi. Hal ini menjadi tantangan di masa mendatang.

“Padahal, Pemerintah berkomitmen membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baru, dengan Pembangunan infrastruktur pelabuhan, bandara, jalan tol, jalur kereta api, bendungan, pembangkit listrik yang sedang dilakukan secara masif,” kata dia, Selasa (26/4).

Menurutnya, semua itu memerlukan ketersediaan tenaga kerja terampil. Oleh karena itu, ke depan perlu memberikan perhatian dan penguatan yang lebih kepada pendidikan kejuruan, vokasi dan politeknik.

Penguatan pendidikan kejuruan, lanjut Puan, dilakukan pemerintah melalui Program Indonesia Pintar, Pemerintah akan untuk mewujudkan wajib belajar 12 tahun dan memberikan akses kepada anak usia sekolah dengan diberikannya KIP. Pada tahun 2016 ini, KIP akan diberikan kepada 19,3 Juta Anak Usia Sekolah (17,9 Juta KIP di Kemendikbud dan 1,4 Juta KIP di Kemenag).

Setiap tahun ada tidak kurang 1,3 juta lulusan SMK dan 70.000 lulusan politeknik. Mereka inilah yang harus diberikan afirmasi, melalui retooling bekerjasama dengan industri dan Balai Latihan Kerja (BLK) ataupun STP (Science and Techno Park), agar memiliki ketrampilan yang cukup. Melalui cara gotong royong ini maka investment on human capital akan memberikan hasil yang nyata.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge