0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sabang Marine Festival 2016 Pukau Yachters

Sabang Marine Festival (acehlandtours.com)

Timlo.net – Sabang Marine Festival (SMF) 2016 digelar di Pulau Weh, Sabang, Aceh. Event ini digelar selama lima hari, mulai Selasa (26/4)-Sabtu (30/4).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Fahlevi menyebutkan, kegiatan SMF ini menjadi langkah baik untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada masyarakat internasional.

“Kegiatan Sabang Marine Festival tujuannya memang untuk mengenalkan potensi wisata bahari, khususnya bagi para pelayar dan mempromosikan Sabang sebagai Destinasi Wisata Kapal Yacht,” jelas Reza.

Penyelenggaraan Sabang Marine Festival 2016, tambah Reza, tidak hanya berfokus pada kegiatan berbasis laut dan pelayar saja, namun ada serangkaian kegiatan menarik dengan melibatkan masyarakat dan komunitas serta pelayar perahu yacht.

Seperti diketahui, jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang semakin meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2015 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 629.217 orang terdiri dari 623.635 wisatawan nusantara dan 5.582 wisatawan mancanegara.

Untuk Triwulan I (Januari-Maret 2016) jumlah kunjungan telah mencapai 43.486 wisatawan terdiri dari 42.800 wisatawan nusantara dan 686 orang wisatawan mancanegara.

“Target kunjungan dengan adanya penyelenggaraan SMF ini kita perkirakan mencapai 1500 wisatawan, baik dari wisatawan nusantara (wisnus) dan juga wisatawan mancanegara (wisman),” tambahnya.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menyebutkan, pada tahun kedua ini, SMF yang mengangkat tema “Pesona Wisata Bahari Sabang” juga menghadirkan sejumlah kegiatan yang berbasis lokal, seperti permainan interaktif, penampilan budaya, Jelajah Pulau Weh, Sabang dan Tsunami tour di Banda Aceh.

Sedikitnya tujuh kapal layar wisata (Yacht), Sabtu (23/4) mulai tiba di Pelabuhan Sabang. Peserta langsung melakukan proses registrasi dengan tim CIQP (Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi serta Syahbandar-red).

Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah dalam siaran pers-nya mengatakan, hingga Pukul 17.00 WIB, sudah tujuh kapal dari berbagai negara tiba di teluk Sabang.

“Ketujuh kapal tersebut masing-masing, Jenain, Aku Ankka, Spailpin, Morning Star, Bernacle C, Swift dan Thorfinn,” ujar Zulkarnaini Abdulah.

Dikatakan, ketujuh kapal tersebut masing-masing berasal dari Afrika Selatan, Amerika, Malaysia, British, Australia, Thailand dan Inggris.

Ketua Panitia Sabang Marine Festival, Fauzi Daud mengatakan, peserta sudah datang sejak tanggal 21-26 April.

Menyangkut dengan rangkaian kegiatan, Fauzi menjelaskan kegiatan Sabang Marine Festival dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti Fun Bike aneka perlombaan. Mulai dari jalan santai, lomba melukis, lomba pameran dan foto, serta aneka perlombaan rakyat seperti mancing, dayung, permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang, panjat pinang-red).

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge