0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelajar Dilarang Konvoi Usai Pengumuman Kelulusan

(Ilustrasi) Konvoi pelajar merayakan kelulusan (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Karanganyar meminta setiap sekolah SMA dan sederajat mencegah konvoi saat pengumuman kelulusan siswa 7 Mei mendatang.

“Konvoi usai pengumuman kelulusan cenderung berefek negatif. Makanya akan kita cegah,” kata Kepala Disdikpora Karanganyar Sutarno, Senin (25/4).

Sutarno mengatakan, pengumuman nilai ujian nasional (UN) akan diumumkan Mei mendatang. Disdikpora meminta pihak sekolah maupun orang tua siswa agar melarang anak-anaknya melakukan konvoi kelulusan.

”Kemungkinan (nilai ujian-Red) akan diumumkan pada awal bulan Mei mendatang. Kita juga sudah perintahkan sekolah agar melakukan persiapan. Termasuk melarang para siswa melakukan konvoi kelulusan,” terang Sutarno.

Ditambahkannya, saat ini Disdikpora sedang mempersiapkan ujian nasional (UN) tingkat SMP yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang.

”Kami berharap ujian nasional tingkat SMP ini juga berjalan lancar, termasuk tidak ada kebocoran soal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Karanganyar Endang Muryani meminta Disdikpora melakukan pengawasan terhadap siswa yang merayakan konvoi secara berlebihan. Perayaan kelulusan siswa cenderung mengarah ke hal negatif seperti konvoi di jalan raya yang mengganggu lalu lintas.

”Dibutuhkan peran sekolah dan orang tua siswa untuk mengarahkan siswa agar tidak konvoi. Banyak kejadian kecelakaan saat konvoi yang bisa menjadi pelajaran,” jelas Endang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge