0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sewa TPA Karangdukuh, Ini Kompensasi dari DPU

TPA Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Baru enam hari digunakan sebagai pembuangan sampah, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sementara di Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan sudah ditolak warga. Padahal, Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU dan ESDM) Klaten sebagai penyewa sudah menyiapkan kompensasinya.

“Ini tadi sudah dapat jawaban dari DPU ESDM Klaten. Diputuskan mulai hari ini sudah tidak ada kegiatan pembuangan sampah. Jadi sudah ditutup,” ujar Kepala Desa (Kades) Karangdukuh, Iriyanto, Senin (25/4).

Selama menggunakan lahan milik Suradi itu, dikatakan, DPU akan memberikan kompensasi kepada warga Karangdukuh. Kompensasi berupa pembangunan fisik itu meliputi perbaikan jalan yang dilalui truk sampah hingga perbaikan talud sarana irigasi.

“Itu (TPA) satu tahun untuk ujicoba, percontohan. Nanti di APBD Perubahan dijanjikan dana kompensasi sebesar Rp 500 juta. Kalau berhasil dilanjut, kalau enggak ya sudah. Ternyata baru sepekan sudah bergejolak,” ucap Iriyanto.

Sementara itu, sang pemilik lahan, Suradi, mengaku menyewakannya selama satu tahun dengan nilai kontrak Rp 25 juta. Adapun luas lahan mencapai 2.700 meter persegi. Tujuannya, agar lahan bekas galian pembuatan batu bata itu kembali produktif.

“Sudah tanda tangan materai. Selain itu, nanti juga dianggarkan Rp 190 juta untuk pembangunan sarana jalan, dan pengairan. Jadi secara umum masyarakat desa tidak rugi, saya tidak rugi, dan DPU bisa membuang sampah. Tapi kalau sudah ditolak seperti ini ya mau apalagi,” ungkap warga Dukuh Satron, Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Klaten ini.

Seperti diketahui, paska penolakan warga Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Senin (18/4) lalu, DPU ESDM Klaten memutar otak mencari TPA pengganti. Esok harinya, Selasa (19/4), DPU menggunakan lahan milik Suradi sebagai TPA sementara. Kini setelah kembali ditolak warga, DPU belum memberikan jawaban.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge