0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Sragen Dukung Pengelolaan SMA/SMK oleh Provinsi

SMK Negeri Kedawung. Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen tengah mempersiapkan terkait pengambilalihan pengelolaan SMA/SMK sederajat oleh Provinsi Jawa Tengah. Rencana pengelolaan sekolah menengah itu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

”Ya tidak masalah, kalau memang sudah menjadi amanat undang-undang,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen, Suwardi, Senin (25/4).

Menurut Suwardi, seluruh elemen yang berhubungan dengan SMA/SMK, baik tenaga pendidikan dan administrasi nantinya akan menjadi pegawai provinsi. Pemkab sendiri bakal lebih fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dasar yaitu SD dan SMP.

Suwardi menyatakan, pengambilalihan SMA/SMK juga akan berpengaruh pada anggaran yang selama ini diterima Disdik melalui Pemkab. Namun bukan berarti Disdik merugi lantaran tidak ada lagi anggaran yang digelontorkan.

”Tidak ada untung rugi, yang jelas nanti tetap untuk siswa asal Sragen Sendiri,” ujarnya.

Ketua Dewan Pendidikan Sragen Muh Sauman mengatakan, perlu ada Korwil di kabupaten/kota terkait kebijakan pengambilalihan oleh provinsi tersebut. Tujuannya untuk mengontrol jalannya pelaksanaan pengelolaan.

”Amanat undang-undang harus dilaksanakan,  tapi perlu korwil misalnya di tingat karisidenan,” kata Sauman.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge