0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pabrik Kerupuk Jogonalan Terbakar, Ini Penyebabnya

Petugas pemadam kebakaran tengah memadamkan api yang melahap rumah pembuatan kerupuk di Prawatan Jogonalan, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Kebakaran menimpa rumah milik Sutasmi (60) di Dukuh Lusah RT 02/09 Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Senin (25/4). Akibatnya, rumah yang digunakan untuk pembuatan kerupuk rambak ini mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“Tadi pas saya lewat sekitar pukul 09.00 WIB tiba-tiba asap sudah membumbung ke atas,” kata Zainal (43), warga Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari tungku penggorengan kerupuk. Pasalnya, minyak yang berada di wajan penggorengan sudah mendidih. Sehingga tungku berbahan kayu dan sekam padi itu meledak.

“Itu wajannya berdiameter satu meter. Saat dipanaskan, beberapa karyawan sedang di luar pada ngobrol. Karena minyak sudah panas, mungkin apinya tungku naik ke wajan lalu meledak, bluk ke atas mengenai atap,” kata pengusaha kerupuk ini.

Dugaan senada juga diceritakan salah seorang warga setempat, Purwanto (50). Meski tidak terdengar bunyi ledakan, namun api yang membakar atap rumah menimbulkan asap yang mengagetkan warga.

“Itu Bu Sutasmi sudah membuka usahanya sekitar 30 tahun meneruskan suaminya. Saat kejadian dia tinggal di kediamannya yang terpisah dari pabrik (home industry kerupuk). Kemudian setelah tahu ada kebakaran, warga segera menghubungi pemadam kebakaran,” ujar dia.

Dari pantauan Timlo.net, dua unit mobil kebakaran diterjunkan untuk memadamkan si jago merah. Meski tidak ada korban jiwa, diperkirakan kerugian material mencapai puluhan juta rupiah.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge