0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dulu Bekas Tambang, Kini Buat Uji Nyali

Rock Climbing SMAN I Baturetno, beraksi di Pegunungan Payung (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Lokasi tambang tradisional batu kapur yang terletak di kaki Pegunungan Payung atau tepatnya di Dusun Dawe Desa Watuagung Kecamatan Baturetno ini puluhan tahun sudah lama ditinggalkan warga. Namun, belakangan lokasi tambang rakyat ini dimanfaatkan oleh para penyuka olah raga yang memacu adrenalin, yakni rock climbing atau panjat tebing.

Bahkan, para siswa SMAN I Baturetno sering melakukan kegiatan ekstra kurikuler saat waktu-waktu senggang, khususnya saat hari libur dari kegiatan belajar sekolah. Namun demikian, kegiatan ini 100 persen dibimbing oleh guru ekstra kurikuler.

Jika dilihat dari atas bukit, sekilas pintas menyerupai lubang menganga dengan kedalaman puluhan meter. Nampak jelas tekstur batu kapur yang menyerupai irisan-irisan tersusun rapi dan memanjang sekitar 20 meter.

Dari pusat kota Kecamatan Baturetno ke selatan, hanya berjarak sekitar sembilan kilometer. Untuk menuju lokasi itu sangat mudah, dengan kendaraan roda dua maupun roda empat aksesnya lancar.

Tak jauh dari sport rock climbing, ada sederetan bukit kapur yang hingga saat ini oleh warga sekitar masih dimanfaatkan warga.

“Kami memilih lokasi ini karena bagus, dan ketinggiannya tidak terlalu ekstrim jadi cocok untuk para pemula,” ungkap Guru Ekstra Kurikuler SMAN I Baturetno, Jarwadi, Minggu (24/4).

Di SMAN I Baturetno ini, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin saat waktu luang para siswa. Baik dari anggota Pramuka, Pecinta Alam dan PCM SMAN I Baturetno.

“Untuk kali ini kita menerjunkan 25 peserta. 10 Diantaranya merupakan perempuan, bahkan ada alumnus SMAN I Baturetno yang kita jadikan sebagai mentor. Karena pengalamannya sering mendaki gunung,” ujarnya.

timlo.net/tarmuji

Pegungan Payung Baturetno Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Sedangkan peralatan yang digunakan juga aman, semua peralatan merupakan inventaris sekolahan. Pihaknya mentargetkan setiap obyek wisata alam terbaru di Wonogiri bakal dijajal para pecinta alam asal Baturetno ini.

“Sebelumnya kita akan survei dulu, kalau aman, anak- anak pasti akan kita ajak untuk menjajal obyek wisata alam itu. Dalam waktu dekat ini kami merencanakan untuk mengunjungi obyek wisata air terjung Curug Sewu di Kecamatan Karangtengah. Kabarnya untuk menuju lokasinya masih sulit, kita akan coba ke sana,” imbuh Jarwadi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge