0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wah, Ada Tank di TSTJ

Pengunjung berfoto ria di atas tank di Pameran Alutsista di TSTJ (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Suasana terasa tak biasa di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Sabtu, (23/4). Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI digelar untuk pertama kalinya di satu-satunya kebun binatang di eks-Karesidenan Surakarta itu. Sekurangnya ada belasan kendaraan ringan hingga berat khas militer dipamerkan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Rayon Militer (Korem) 074/Warastratama yang ke-50.

“Kegiatan ini merupakan puncak acara HUT Korem 074 Warstratama. Kami sengaja terjun ke masyarakat agar masyarakat lebih mengenal kita lebih dekat,” kata Komandan Korem 074/Warastratama, Kolonel (Inf) Maruli Simanjuntak di sela-sela acara.

Pengunjung pun antusias melihat-lihat kendaraan operasional yang dipamerkan. Khususnya anak-anak. Keceriaan tampak jelas di wajah mereka. Banyak di antara mereka berfoto di atas tank dan panser yang tampak gagah di bawah rimbunnya pepohonan TSTJ.

Pengunjung menjajal sniper rifle di stand senjata api ringan di Pameran Alutsista di TSTJ

Pengunjung menjajal sniper rifle di stand senjata api ringan di Pameran Alutsista di TSTJ (timlo.net/ichsan rosyid)

Selain kendaraan operasional militer, lembaga lain seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polisi, dan TNI Angkatan Udara juga berpartisipasi dalam acara tersebut. Pengunjung bisa melihat kendaraan amfibi milik Basarna beraksi di telaga yang berada di tengah TSTJ.

timlo.net/ichsan rosyid

Kendaraan amfibi Basarnas beraksi di telaga TSTJ (timlo.net/ichsan rosyid)

Tak ketinggalan, perahu karet milik basarnas juga bisa dijajal dalam kegiatan yang digelar sampai Minggu (24/4) itu. Pengunjung juga bisa mencoba memainkan simulator pesawat terbang di stand milik TNI AU.

Selain pameran, kegiatan tersebut juga mengundang sebanyak 309 anak yatim dari panti-panti asuhan yang berada di teritori Korem 074/Warastratama.

“Supaya mereka mendapat motivasi dari pameran ini,” kata dia.

timlo.net/ichsan rosyid

Danrem 074/Warastratama menyerahkan bantuan kepada anak-anak yatim dalam rangka HUT Korem ke-50 di TSTJ (timlo.net/ichsan rosyid)

Pengasuh Panti Asuhan Annisa, Jaten, Sukamat mengapresiasi kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dirasa dapat mengarahkan anak-anak ke arah yang positif.

“Kami sering diundang ke luar. Tapi baru kali ini diundang ke pameran alutsista. Anak-anak juga senang sekali,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge