0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Study Plan University Expo 2016 Berbagi Pengalaman

Eko Sumaryanto (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Study Plan Seminar and University Expo 2016 yang digelar di Hotel Sala View Solo, Sabtu (23/4) menjadi ajang berbagi pengalaman untuk meraih beasiswa kuliah di luar negeri.

“Seorang pelamar beasiswa harus mampu menjual dirinya saat menghadapi interview atau wawancara,” ungkap Eko Sumaryanto, salah satu narasumber seminar tersebut.

Dalam interview, lanjut Eko, harus mampu menjual diri, meyakinkan kepada pemberi dana (beasiswa) bahwa kita pantas atau layak mendapatkan beasiswa itu.

“Karena profesi saya adalah dosen, maka saya meyakinkan mereka bahwa saya adalah agen perubahan. Sebab dengan profesi saya, dalam satu hari saya bisa melakukan transfer ilmu kepada setidaknya 40 orang. Nah, bayangkan jika saya lakukan itu dalam setahun,” jelas Eko.

Selain gelar akademik, kata Eko, yang akan didapatkan dari belajar di luar negeri di antaranya tentu saja pengalaman kuliah di situasi yang berbeda dengan kuliah di dalam negeri.

Selain Eko, narasumber yang dihadirkan dalam acara tersebut yaitu Jerry Lolowang, pemain basket Satya Wacana yang Jadi Duta Kanker Anak.

Sementara itu, Head Production Study Plan Seminar and University Expo 2016, Lukman Aktovianta, menjelaskan, melalui acara tersebut selain disampaikan berbagai informasi tentang kesempatan beasiswa untuk kuliah baik di dalam dan luar negeri, mulai Program S1 hingga S2, juga diadakan sharing pengalaman dari penerima beasiswa kuliah di luar negeri.

Ia mengatakan, acara itu didukung 10 perguruan tinggi, di antaranya UMS, Universitas Sebelas Maret (UNS), Magistra Utama, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, dan UKSW Salatiga.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge