0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMK Swasta di Sragen Kekurangan Siswa, Ini Penyebabnya

Kegiatan belajar mengajar di SMKN 2 Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di Kabupaten Sragen siswanya telah melebihi kapasitas. Kondisi ini dinilai akan mengganggu proses belajar mengajar. Di sisi lain, ini berdampak pada SMK swasta yang kekurangan siswa.

”Sering sekali ada siswa yang sudah ditolak pada hari pertama di negeri, kemudian ke swasta, namun malah dicabut karena pengumuman kedua diterima,” kata Koordinator Forum Komunikasi Kepala SMK Swasta (FKKS) Sragen, Sabtu (23/4).

Suhadi menyampaikan ada beberapa sekolah SMK negeri di Kabupaten Sragen yang melebiihi kapasitas. Dia menunjukkan data di sebuah SMKN, di mana antara ruang belajar dan jumlah siswa yang tidak sebanding.

Suhadi yang juga Kepala SMK 2 Kosgoro Sragen ini mengatakan, bahkan sekolah tersebut sampai mengakali dengan mengambil kegiatan belajar mengajar dalam dua shift, yakni pagi dan sore. Imbasnya tentu berkurangnya hak siswa terkait jam belajar. Namun dia meminta agar nama SMKN itu tak disebutkan.

”Masalah ini sudah kami sampaikan ke yang berwajib, seperti dinas, DPRD dan Dewan Pendidikan sejak 3 tahun lalu, namun belum ada pemecahan masalah,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge