0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishubkominfo Bakal Sulap Kali Pepe Jadi Lahan Parkir

Kali Pepe (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo akan menyulap Kali Pepe menjadi lahan parkir lengkap dengan shelter kuliner. Untuk itu, ruas sungai di depan Pasar Gede.

“Mudah-mudahan tahun depan sudah mulai dibangun. Tahun ini kita ajukan anggaran perencanaannya di RAPBD perubahan,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran, M Usman, Jumat (22/4).

Rencananya, lahan parkir tersebut akan dibangun dengan sistem bongkar pasang (knock down) menggunakan konstruksi baja. Kios-kios kuliner akan dibangun di pinggiran lahan parkir yang berada di atas sungai itu. Untuk mempermudah pengguna, lahan parkir tersebut akan terintegrasi dengan lahan parkir Loji Wetan yang sudah dibangun tahun lalu.

“Jadi nanti bisa masuk lewat jembatan Pasar Gede dan keluar dari Loji Wetan atau sebaliknya,” terangnya.

Mengnai detail bangunan, Usman belum bisa membeberkan lantaran proyek tersebut baru akan dikaji kelayakan dan analisis dampak lingkungannya (amdal). Kendati demikian, ia memberi gambaran lahan parkir tersebut nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Solo.

“Kios-kios di sekitar lahan parkir nanti akan jadi daya tarik wisata,” kata dia.

Sebagai informasi, pembangunan lahan parkir tersebut merupakan salah satu proyek infrastruktur perparkiran Solo untuk mengurangi parkir di badan jalan (on street). Selain lahan parkir di atas Kali Pepe, Dishubkominfo juga akan membangun lahan parkir di Timur Pasar Gede, Sriwedari, Balai Kota, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngipang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge