0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Vaksin Polio Sisa PIN bakal Dimusnahkan

PIN Polio di Boyolali sasar ribuan Balita (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Kesehatan Boyolali mulai menarik sisa vaksin imunisasi. Sisa vaksin yang digunakan dalam Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Maret kemarin untuk kemudian akan dimusnahkan. Penarikan vaksin ini, menyusul adanya peralihan jenis vaksin.

“Kemarin yang kita gunakan jenis oral atau TOPV tapi sekarang diganti ke jenis injeksi,” kata Kabid Pengendalian Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Boyolali, Ahmad Muzayin, Jumat (22/4).

Dijelaskan, saat ini, pihaknya masih melakukan penarikan secara langsung dari tiap puskesmas atau mendatangi langsung ke posyandu-posyandu yang tersebar di 19 kecamatan. Saat ini sudah ada 857 vial vaksin yang ditarik. Setelah terkumpul semua, vaksin-vaksin tersebut akan segera dimusnahkan bersamaan pada Selasa pekan.

“Pemusnahan dengan cara dilarutkan ke dalam cairan klorin,” tambahnya.

Sementara itu dalam PIN polio yang digelar bulan Maret kemarin, Boyolali melebihi target 100 persen. Dari target 75 ribu balita, pemberian vaksin mencapai 76.162 ribu balita. Sedangkan target yang dipasang untuk PIN polio sekitar 95 persen saja. Hal dikarenakan banyaknya bayi yang baru lahir dan balita dari luar daerah, terutama wilayah perbatasan melakukan vaksin di Boyolali.

“Yang menolak masih ada 1 persen, mereka masih beranggapan vaksin haram,” tandasnya

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge