0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Kartini, Berkah Bagi Tempat Persewaan Pakaian Adat

Sandra (kiri) saat menunjukan koleksi pakaian adat miliknya (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Peringatan hari Kartini yang jatuh pada 21 April, menjadi berkah bagi tempat persewaan pakaian adat. Bahkan karena takut tidak kebagian, banyak pelanggan yang melakukan pemesanan jauh-jauh hari.

“Pemesanan paling banyak adalah pakaian adat untuk anak SD dan TK. Hal itu karena ada sejumlah sekolah yang mewajibkan para siswanya untuk berpakaian adat,” ujar salah satu pelaku usaha persewaan pakaian adat, Sandra kepada Timlo.net, Kamis (21/4).

Dikatakan dia, pemesanan pakaian adat sudah mulai ramai sejak sepekan terakhir. Para pelanggan rela pesan jauh-jauh hari, karena takut tidak kebagian pakaian yang diinginkan. Untuk sewa pakaiannya sendiri, dibanderol dengan harga yang bervariasi. Mulai dari Rp 50 Ribu hingga Rp 150 Ribu per hari.

“Harga sewa pakaian tergantung model, ukuran dan kesulitan pembuatan. Semakin rumit pakaian adat yang diinginkan, biasanya harga semakin mahal,” jelasnya.

Sandra juga menjelaskan, selama seminggu terakhir sudah ada 100 an potong pakaian adat yang berhasil disewakan. Baik dari pakaian adat Jawa, Lampung, Padang hingga Kalimantan.

“Namun dari sekian banyak pakaian kita tawarkan, para pelanggan banyak yang memilih pakaian adat Jawa dan Lampung. Hal itu mungkin karena dianggap lebih simple dan praktis saat dikenakan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge