0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecamatan Karanganom Launching Inklusi Center

Seorang atlet pemanah penyandang disabilitas membuka peresmian Inklusi Center di Aula Kecamatan Karanganom Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemerintah Kecamatan Karanganom, Klaten meresmikan Inklusi Center di kantor kecamatan setempat, Kamis (21/4). Launching ditandai dengan aksi memanah oleh salah seorang atlet difabel dengan sasaran sebuah balon.

“Inklusi Center merupakan wadah difabel, keluarga, dan relawan untuk berkegiatan dalam rangka rehabilitasi dan mengaktualisasikan diri agar mencapai kemandirian difabel,” ujar Camat Karanganom, Slamet Samudro Karyadi.

Karena belum memiliki gedung tersendiri, kata dia, kegiatan Inklusi Center untuk sementara waktu menggunakan Aula kantor kecamatan setempat. Pihaknya tengah mengupayakan hibah pembangunan gedung dari Kementerian Sosial.

“Kegiatan digelar setiap hari Sabtu. Nanti para difabel akan kita jemput dengan dengan kendaraan dinas kecamatan atau mobil puskesmas keliling. Karena ada difabel yang kesulitan akses transportasi bahkan ada keluarganya yang minder untuk datang kesini. Nah nanti disini akan diberikan motivasi dan pendampingan dari fasilitator,”  kata Slamet Samudro.

Guna mensinergikan kegiatan Inklusi Center, pihaknya akan menjalin kerjasama dengan instansi terkait. Diantaranya, Rumah Sakit (RS) Cakra Husada Klaten, RS Jiwa Daerah Dr Soedjarwadi, RSUP DR Tirtonegoro, RS Islam Klaten, Poltekkes Surakarta, serta Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Klaten.

“Rencananya akan dituangkan dalam bentuk MoU. Misalnya dengan Poltekkes Surakarta, mahasiswanya akan datang mendampingi setiap Sabtu, menganilasi apa saja kebutuhan dari difabel yang bersangkutan,” imbuh Camat Karanganom.

Selain aksi memanah dengan sasaran balon, dalam kegiatan itu juga dipamerkan produk makanan para difabel, donor darah, hingga pengobatan gratis.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge