0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

OJK Targetkan Literasi Keuangan Masyarakat di Atas 50 Persen

Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, Dan Kemitraan Pemda OJK Kantor Regional 3 Jateng-DIY Dedy Patria (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) targetkan tingkat literasi keuangan bisa mencapai diatas 50 persen pada tahun ini. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan membuat Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD).

“TPKAD ini nanti akan kita bentuk disetiap daerah. Tujuannya agar dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengakses lembaga keuangan,” ujar Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, Dan Kemitraan Pemda OJK Kantor Regional 3 Jateng-DIY Dedy Patria belum lama ini.

Dikatakan dia, setiap tim yang terlibat dalam TPKAD dituntut untuk dapat membuat program prioritas. Tujuannya agar keberadaan mereka dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat.

“Programnya mungkin akan berbeda disetiap daerah, karena akan disinkronkan dengan kebutuhan Pemda setempat. Namun beberapa fokus yang akan kita dorong diantaranya adalah peningkatan agen laku pandai, pendirian LKM dan lainnya,” jelas dia.

Sementara itu, Wakil Kepala OJK Solo, Bambang Triono secara terpisah menyampaikan, guna mendorong tingkat literasi masyarakat, OJK Solo telah gencar membuat sosialisasi kepada perguruan tinggi dan komunitas.

“Yang sudah kita lakukan saat ini adalah dengan membuat klinik konsultasi di UNS. Termasuk melakukan sosialisasi kepada komunitas difabel,” terangnya.

Menurutnya, tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia terhadap akses lembaga keuangan bisa dibilang cukup rendah, karena dari survei yang dilakukan hanya mencapai 21 persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge