0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Aksi Ibu-ibu Ikuti Lomba Balap Gethek

Lomba balap gethek ibu-ibu memperingati Hari Kartini (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Puluhan ibu- ibu rumah tangga di Dusun Timang Kulon, Desa Wonokerto, Kecamatan Wonogiri Kota akan menggelar kegiatan unik untuk menyambut peringatan Hari Kartini. Mereka menggelar lomba balap gethek (rakit – red) di Sungai Walikan DAS Bengawan Solo, Rabu (20/4).

“Acara ini kali pertama kami gelar dan biayanya swadaya. Sebelum acara dimulai, menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini,” jelas Kepala Desa Wonokerto, Suyanto.

Sejak peluit dibunyikan, para ibu-ibu itu langsung mendayung gethek. Mereka menempuh jarak tempuh sepanjang 50 meter.

“Selain sebagai hiburan, acara ini kami gelar sebagai langkah memupuk rasa cinta tanah air, dan mengenang jasa para pahlawan dan sekaligus penghargaan kepada para Kartini ini,” katanya.

Selain para ibu-ibu, acara ini juga ikut dimeriahkan ganda campuran kaum pria dan wanita dan juga ganda lelaki. Kaum lelaki itu juga umumnya bekerja sebagai penambang pasir tradisional dan pencari batu kali.

Sebagai bentuk penghargaan dan sekaligus hiburan, para pemenang lomba mendapatkan bingkisan dari pihak desa setempat.

“Kalau nilai hadiahnya tidak seberapa, akan tetapi pesan untuk selalu menghargai hasil karya wanita dan perjuangan Ibu Kita Kartini dapat menjadi inspirasi para warga untuk selalu bekerja dan menjadikan keluarga mereka sejahtera,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge