0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Hari Bumi, BLH Kampanyekan Hemat Energi dan Air

Widdi Srihanto (dok.timlo.net/red)

Solo — Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Solo mengimbau segenap jajaran Pemerintahan Kota (Pemkot) Solo untuk meningkatkan budaya gaya hidup hijau di lingkungan Pemkot Solo. Kampanye yang dilabeli Gerakan Penghematan Energi dan Air itu digalakkan untuk menyambut Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada setiap 22 April.

“Surat edaran sudah kita kirimkan ke semua lembaga pemerintahan di bawah Pemkot Solo,” kata Kepala BLH Solo, Widdi Srihanto, Rabu (20/4).

Diakuinya, selama ini BLH tidak pernah memonitor penggunaan sumber daya alam seperti listrik, air, telefon, bahan bakar minyak (BBM) di lingkungan Pemkot Solo. Inisiatif gerakan penghematan energi dan air ini pun baru akan dilaksanakan setelah adanya lomba hemat energi dan air tingkat provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan 25 April mendatang.

“Harapannya, setelah ini konsumsi energi dan listrik di lingkungan Pemkot Solo bisa turun cukup signifikan sehingga bisa lebih ramah lingkungan,” terangnya.

Terpisah, Kepala Bagian Umum Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Heru Sunardi menerangkan selama ini konsumsi listrik di komplek Balai Kota Solo, Rumah Dinas Walikota, Wakil Walikota, dan Sekretaris Daerah relatif rendah dibanding perkiraannya. Bahkan tahun lalu, anggaran telekomunikasi, listrik dan air surplus Rp 478 Juta dari perkiraan semula, Rp 3,49 Miliar.

“Tahun ini malah kita turunkan jadi Rp 3 Miliar saja karena tahun lalu sisanya cukup banyak,” kata dia.

Bagian Umum sendiri sudah mengupayakan penghematan dengan penggunaan lampu LED yang lebih hemat energi di beberapa titik. Selain itu, lampu taman Balai Kota juga diatur supaya mati otomatis setelah pukul 11 malam.

“Memang kadang masih saja ada yang lupa mematikan lampu atau mematikan keran. Mudah-mudahan dengan gerakan dari BLH ini masalah itu bisa teratasi,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge