0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tindak Perusahaan, BPJS Gandeng Kejaksaan

Buruh pabrik (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Badan Penyedia Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengandeng Kejaksaan Negeri Boyolali untuk menindak tegas perusahaan yang tidak mengikutsertakan pekerjanya dalam program jaminan sosial. Kerjasaan tersebut diwujudkan dalam bentuk MoU.

“Ada beberapa sanksi administrasi yang bakal kita jatuhkan, seperti pencabutan ijin usaha,” kata Kepala BPJS Cabang Klaten yang juga membawahi wilayah Boyolali, Multanti, Rabu (20/4).

Dijelaskan, pemberian sanksi administrasi ini sesuai yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.86 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif kepada Pemberi Kerja selain Penyelenggara Negara dan Setiap Orang, selain Pemberi Kerja, Pekerja, dan Penerima Bantuan Iuran dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Dijelaskan, ada banyak alasan kenapa perusahaan tidak mendaftarkan karyawananya ke program jaminan sosial.

Ketidakpatuhan pengusaha ada beberapa kategori, yakni  belum mendaftarkan seluruh pekerjanya, mendaftarkan sebagian pekerjanya, mendaftarkan hanya pada sebagian program, dan perusahaan yang menunggak iuran BPJS.

“Alurnya perusahaan komitmen kapan apa akan mendaftarkan pekerjanya, bila belum, maka kita akan minta bantuan hukum ke kejaksaan,jadi kita yang akan melakukan tuntutan,” tambahnya.

Untuk wilayah Boyolali sendiri, setidaknya ada 30 perusahaan yang belum mendaftarkan pekerjanya. Namun pihaknya sudah mengirimkan  surat pemberitahuan I. Ke tiga puluh perusahaan itu berasal dari beberapa sektor di antaranya jasa, perdagangan dan kesehatan. SP I merupakan tahapan awal pembinaan.

“Kalau SP 1 tidak ditanggapi maka kita akan mengirimkan SP 2,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kajari Boyolali, I Zam Zan, membenarkan adanya MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam penangganan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara.

“Kita bertindak sebagai jaksa,pengacara negara,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge