0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD: Pelayanan E-KTP di Karanganyar Belum Optimal

Pelayanan pembuatan e-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Karanganyar — Komisi A DPRD Karanganyar menilai pelayanan cetak e-KTP masih belum optimal. Banyak antrean untuk mencetak e-KTP karena keterbatasan mesin. Seharusnya diupayakan agar bisa dilaksanakan di setiap kecamatan.

”Kalo perlu di APBD Perubahan nanti dapat dianggarkan. Apalagi di setiap kecamatan sudah ada Paten (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan), kalau semua proses kependudukan, perizinan dan non perizinan sudah siap, PATEN yang ada bisa berjalan optimal sesuai Permendagri No 4 tahun 2010 tentang Paten,” jelas Ketua Komisi A DPRD Karanganyar Bagus Selo, Rabu (20/4).

Ditambahkan, selama ini cetak e-KTP tidak langsung bisa jadi karena antrian terlalu banyak. Sehingga masyarakat harus rela bolak-balik kembali ke kantor Disdukcapil. Hal itu yang kerap dikeluhkan masyarakat saat mengurus administrasi kependudukan.

”Jadi pemohon e-KTP masih harus mondar mandir berkali-kali ke Disdukcapil. Apalagi kalau wilayahnya jauh seperti di Jenawi, Tawangmangu, Jatiyoso, Jatipuro, dan Kerjo,” tandasnya.

Seperti diketahui, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Karanganyar membuka tiga pos pelayanan cetak e-KTP baru di tiga kecamatan. Hal itu cukup membantu mengurangi antrean. Tiga pos tersebut yakni di Kecamatan Colomadu yang melayani Colomadu dan Gondangrejo, kemudian Kecamatan Karangpandan melayani Tawangmangu, Karangpandan, Matesih, Jenawi, Kerjo, Ngargoyoso, dan Mojogedang. Selanjutnya Kecamatan Jumapolo melyani Jumapolo, Jumantono, Jatiyoso dan Jatipuro.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge