0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jembatan Rusak Diterjang Banjir Diperbaiki Pakai APBN

Jembatan rusak akibat banjir di Kecamatan Sambirejo, Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sejumlah infrastruktur di wilayah Kabupaten Sragen yang rusak akibat bencana, rencananya akan diperbaiki menggunakan Anggaran Belanja Milik Negara (APBN). Beberapa di antaranya adalah jembatan di Kecamatan Jenar yang tersapu banjir dan Bendungan Sungai Wangan, Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen yang rusak saat musim hujan lalu.

”Kita upayakan pakai dana bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana dari APBN ,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Heru Wahyudi, Senin (18/4).

Heru menyampaikan, untuk menghitung keperluan anggaran, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen. Hitungan harus dilakukan dengan cermat untuk menghindari adanya kesalahan dalam anggaran tersebut.

”Kalau dihitung sendiri nanti bisa-bisa tombok, makanya kita komunikasi dengan DPU,” ujarnya.

Dia menjelaskan, rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana ini diatur dalam PP No 21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Disebutkan, bila APBD pemerintah kabupaten tidak memadai, maka dapat meminta bantuan kepada Pemprov. Jika Pemprov juga tidak mampu, maka dapat disampaikan kepada pemerintah melalui BNPB.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge