0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Kantongi Pengganti TPA Joho, Dewan bakal Panggil DPU

Dua eskavator diterjunkan untuk meratakan sampah dengan timbunan tanah di TPA Joho, Prambanan, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Komisi III DPRD Klaten mempertanyakan lokasi pengganti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah sementara di Desa Joho, Kecamatan Prambanan. Pasalnya, Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten belum memberikan jawaban.

“Sampai hari ini mereka (DPU ESDM) belum laporkan ke kita,” kata Anggota Komisi III DPRD Klaten Budi Raharjo, Senin (18/4).

Menurut dia, lokasi TPA sementara di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko dinilai paling layak menggantikan TPA Joho yang mulai Senin (18/4), masa operasionalnya sudah berakhir. Selain jauh dari pemukiman warga, TPA Gemampir dinilai sebagai transisi sebelum menggunakan TPA permanen di Desa Troketon, Kecamatan Pedan, yang baru tahun ini akan dibangun.

“Kami hanya bisa mendesak Gemampir dan Troketon segera diseriusi. Kalau ini (belum dapat TPA sementara) bahaya benar. Klaten mau buang (sampah) dimana?,” ucap anggota Fraksi PKS ini kepada wartawan.

Karena tak kunjung memberikan jawaban, pihaknya akan memanggil DPU ESDM Klaten dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Sehingga persoalan sampah di Klaten menjadi terang benderang.

“Nanti kami panggil, mungkin pekan depan karena mulai besok (hari ini, Red) sudah masa reses. Kami panggil kaitannya dengan TPA sementara Gemampir dan pembangunan TPA Troketon,” ungkap Budi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge