0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gali Potensi Kali Woro Purba, Kemudo Kembangkan Wisata Alam Edukatif

Warga masyarakat Kemudo, Prambanan, Klaten mencoba olahraga river tubing dengan menyusuri aliran air Kali Woro Purbo dengan pelampung ban bekas. (ist)

Klaten — Pemerintah Desa (Pemdes) Kemudo, Kecamatan Prambanan, tengah berbenah menggali potensi wisata sungai. Melalui Kali Woro Purba, Pemdes setempat bakal menjadikannya wisata alam edukatif.

“Kali Woro Purba rencananya akan dijadikan wisata alam edukatif. Nantinya akan menjadi lokasi outbond, bumi perkemahan, sekolah alam, sekolah PAUD, maupun sekolah sungai,” kata Kepala Desa (Kades) Kemudo, Hermawan, Senin (18/4).

Dijelaskan, Kali Woro Purba merupakan aliran sungai yang berhulu di gunung Merapi dan hilirnya di Sungai Bengawan Solo melalui Kali Dengkeng. Aliran Kali Woro Purba melintasi wilayah Dukuh Kagokan, Dukuh Sarimulyo, dan Dukuh Gunung Ampo di Desa Kemudo.

Sebagai permulaan, kata Hermawan, awal Maret lalu warga masyarakat Kemudo sudah melakukan gotong royong di sekitar sungai. Kemudian, Minggu (17/4) kemarin, bersama pemerintah kabupaten dan relawan kembali melakukan resik-resik kali masal dan penanaman ribuan bibit pohon.

“Untuk merealisasikan wisata alam edukatif ini diperkirakan anggaran Rp 5-10 Miliar. Pada tahun ini mulai akan dikerjakan, untuk tahap ending (penyelesaian) belum dapat diperkirakan. Mungkin ke depan kita menggandeng investor perusahaan yang ada di desa ini dan mengundang arsitek sungai untuk menggambar,” kata dia.

Diharapkan, wisata alam edukatif Kali Woro Purba dapat mendongkrak kesejahteraan warga. Selain itu, mengurangi pengangguran dan ketergantungan bekerja di perusahaan atau pabrik. Karena seperti diketahui, di Desa Kemudo terdapat pabrik susu Sari Husada atau SGM serta pabrik lainnya.

“Ada sekitar 2000 jiwa yang sebagian besar bekerja sebagai buruh. Pengangguran tak kentara cukup lumayan, sekitar 20 persen. Kami berharap mereka bisa mandiri,” harap Hermawan.

 

Warga masyarakat Kemudo, Prambanan, Klaten mencoba olahraga river tubing dengan menyusuri aliran air Kali Woro Purbo dengan pelampung ban bekas

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge