0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratna Sarumpaet Adukan Penggusuran Kampung Ikan ke DPRD

(merdeka.com)

Timlo.net – Aktivis Ratna Sarumpaet minta dukungan DPRD DKI Jakarta untuk mempermasalahkan penggusuran Kampung Aquarium dan Pasar Ikan, Kramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Bersama Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) DKI Jakarta dan sejumlah warga, mereka mendatangi kantor DPRD DKI.

“Saya menjadi sangat resah karena saya enggak tahu di mana letak kesalahannya, tapi berulang kali kami mencoba meluruskan fakta yang terjadi di Pasar Ikan ini,” kata Ratna, Senin (18/4).

Selain itu, kompensasi yang seharusnya sudah dapat dirasakan warga, ternyata masih jauh panggang dari api. Ratusan warga masih belum mendapatkan hak mereka untuk direlokasi ke rumah susun sewa (Rusunawa) milik Pemprov DKI Jakarta.

“Di Akuarium itu ada lebih 500 kepala keluarga (KK) yang jadi korban. Baru sekitar 100 KK memang sudah menerima kunci dari rusunawa dan mereka itu adalah warga yang hidup di sana sebagai pengontrak. Yang bertahan lebih dari 385 KK, warga yang ada di sana secara turun temurun,” ujarnya.

Walaupun tidak memiliki sertifikat tanah, Ratna mengatakan, warga sudah turun temurun tinggal di sana. Bahkan, mereka juga sudah memenuhi kewajiban mereka sebagai warga negara untuk membayar pajak bumi bangunan (PBB).

“Barangkali mereka belum punya sertifikat, tapi mereka sudah punya bangunan dan mereka bayar pajak. Dan tidak pernah terjadi sosialisasi,” jelas dia.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge