0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wonderful Indonesia Night, Pererat Hubungan Indonesia-China

Logo Wonderful Indonesia (www.kemenpar.go.id)

Timlo.net – Malam Wonderful Indonesia digelar di Kota Hefei, China. Perayaan ini menjadi penanda diplomasi bilateral Indonesia-Tiongkok, yang telah terjalin sejak 13 April 1950. Saat ini sudah memasuki usia ke-66 tahun.

“611 tahun yang lalu, Laksamana Cheng Ho, memimpin muhibah pelayaran Maritime Silk Road dan menjadi cikal bakal hubungan baik Indonesia-Tiongkok. Itu lembaran sejarah interaksi yang bisa ditelurusi,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, kemarin.

Ditambah lagi pada tahun 2013, saat pemerintah Tiongkok menerapkan kebijakan hubungan internasional “one belt one road” yang merupakan Jalur Sutra Maritim abad 21.

“Saya sudah bertemu dengan Sekjen UN-WTO (United Nation World Tourism Organisation), Talib Rivai. Lembaga PBB itu sudah setuju untuk mempopulerkan inisiatif bisnis China dengan konsep One Belt One Road itu. Ujungnya sampai ke Indonesia,” ungkap Arief Yahya.

Hefei sendiri, kata Arief, merupakan salah satu kota terpenting dalam kebijakan Hubungan Internasional Tiongkok dengan istilah Jalur Sutera. Jalur itu menjadi pusat budaya untuk berdiskusi, berbagi dan membangun prinsip, memperkuat pertukaran internasional dan meningkatkan diplomasi dalam tingkat yang lebih tinggi dan kerjasama regional yang lebih dalam.

Target wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok sendiri adalah 2,1 juta orang. Tahun 2015, wisman asal Tiongkok tercatat mencapai 1.121.066 jiwa, naik sebesar 16,87 persen dari tahun sebelumnya.

Hingga Februari 2016, wisman asal Tiongkok tercatat telah mencapai 267.934 wisman. Tahun 2016 ini, telah dibebaskan kewajiban memiliki visa kunjungan untuk keperluan wisata ke Indonesia bagi 169 negara, termasuk China.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge