0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beredar Foto Santoso Tewas, Polisi Sebut Hoax

Teroris Santoso (merdeka.com)

Timlo.net — Beberapa hari ini netizen dibuat penasaran dengan beredarnya foto mirip pemimpin Mujahidin Indonesia Timur Santoso tewas. Kepala Bidang Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto membantah, gembong teroris yang paling diburu polisi dan TNI itu telah tertembak mati dalam Operasi Tinombala, Sabtu (16/4).

“Setelah kami cek informasinya ke petugas di lapangan, ternyata informasi dan foto itu tidak benar,” katanya, Sabtu (16/4).

Sebelumnya beredar luas satu keping foto yang terdiri atas dua gambar yakni Santoso yang menyandang senjata, berkaos loreng, menggunakan jaket bertutup kepala serta memakai tongkat, dan sebuah foto seorang laki-laki mirip wajah Santoso yang tergeletak tak bernyawa di atas tanah, dan di pinggangnya terikat sebuah parang dan sarungnya.

Dalam foto tersebut tertulis teks ‘korban yang diduga Santoso meninggal dunia saat baku tembak dengan anggota TNI-Polisi yang tergabung dalam Operasi Tinombala di Desa Torire, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, Sabtu (16/4).

“Memang ada penyisiran oleh petugas tadi sore, namun tidak ada peristiwa seperti yang tersebar di foto itu,” ujar Hari yang mantan Kapolres Buol, Sulawesi Tengah itu.

Pada Jumat (15/4), Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti dan Kepala BNPT Tito Karnavian mengunjungi Kota Poso dan wilayah Napu yang menjadi basis Operasi Tinombala oleh Polri-TNI, dan mengatakan bahwa Santoso masih berada di hutan sekitar wulayah Lore alias dataran Napu.

Kelompok Santoso yang diperkirakan masih berjumlah 27 orang, setelah dua orang ditangkap hidup pada Jumat (15/4), kini semakin terdesak, kekurangan logistik dan terpecah alias tidak kompak lagi.

Karena itu, Kapolri dan Kepala BNPT berharap Operasi Tinombala yang telah berjalan dengan baik sejak Januari 2016 ini akan segera selesai alias mencapai tujuannya, yakni menangkap Santoso dan para pengikutnya.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge