0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pre Event SKF 2016, Membangkitkan Kembali ’Irama’ Musik Keroncong

Sejumlah pigura yang ditampilkan dalam gelaran pre event SKF 2016 (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Meski sudah tak semoncer dijamannya dulu, namun musik keroncong masih tetap dinikmati oleh sebagian kalangan. Tak hanya kaum tua dan lanjut semata, melainkan kawula muda juga masih tetap setia dengan musik berirama khas tersebut.

“Siapa bilang, musik keroncong disukai kawula tua saja. Kami yang anak muda juga suka,” terang salah seorang pengunjung car free day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Cristina (23) kepada Timlo.net.

Ya, menjelang penyelenggaraan Solo Keroncong Festival (SKF) 2016 pada tanggal 14-15 Mei Mendatang, sejumlah pegiat keroncong menggelar pre event guna menghidupkan kembali musik keroncong. Terbukti, melalui musik yang booming diera tahun 70-an mampu melejitkan nama sejumlah seniman asal Solo. Sebut saja seperti Gesang Martohartono, Waljinah, Anjar Mudjiono atau Anjar Any dan masih banyak yang lain.

Dalam pre event yang digelar, sejumlah prakarya berupa pigura kreasi juga turut ditampilkan. Rencananya, pigura yang dibuat ini akan diisi foto maestro keroncong yang telah membesarkan nama musik tersebut hingga keluar negeri.

“Mungkin saat ini kami tidak bisa berbuat banyak untuk terus mempertahankan musik keroncong. Tapi, melalui kegiatan yang diadakan kami tetap mencintai musik keroncong,” terang Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan SKF 2016, Ari Mulyono, Minggu (17/4).

Meski keberadaan musik keroncong saat ini tergilas dengan kehadiran genre musik lain, namun dirinya optimis bahwa musik keroncong masih diminati oleh sebagian kalangan. Irama musik yang khas dengan permainan yang hadir melalui perasaan ini mampu memberikan kenyamanan ketika dilantunkan dan mengisi indra dengar.

“Kami yang masih mencintai akan terus mempertahankan musik keroncong, bagaimanapun caranya,” tegas putra keempat seniman keroncong Solo, Waljinah tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge