0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Persis Minta Kepastian Jadwal ISC Seri B

Laga antara Persis Solo kontra PPLM di Stadion Manahan, Minggu (27/3) (timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo – Perwakilan klub Persis Solo memenuhi undangan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jumat (15/4) kemarin. Pertemuan yang diprakarsai Presiden RI ini menghasilkan beberapa kesepakatan terkait memajukan persepakbolaan Indonesia.

Presiden memberi arahan agar kondisi persepak bolaan nasional harus ada perubahan tata kelola yang signifikan. Tidak hanya prestasi, tetapi kepercayaan berbagai kalangan (investor, publik, dan stakeholder) pada tata kelola yang lebih baik.

Tanpa ada perubahan yang signifikan, sulit bagi Indonesia untuk mendapatkan kondisi sepak bola yang lebih baik, karena berbagai persoalan akan terus berulang.

Presiden memastikan akan hadir pada saat kick-off Kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) pada 29 April 2016 di Jayapura. Presiden menyampaikan informasi bahwa berdasarkan informasi dari FIFA, potensi sepak bola Indonesia luar biasa.

Tetapi kondisi tersebut harus direspon dengan tata kelola yg lebih baik. Terhadap aspirasi sejumlah Asosiasi Provinsi, klub, dan Divisi Utama yang mengapresiasi Presiden atas pertemuan tersebut dan bahkan ada yang mendorong segera diadakannya Kongres Luar Biasa PSSI, Presiden merespons dengan sikap bijak.

Presiden menyampaikan, berdasarkan informasi dari FIFA potensi sepak bola Indonesia luar biasa. Terhadap kondisi tersebut harus direspons dengan tata kelola yang lebih baik. Mereka juga sesungguhnya tidak ingin berseberangan dengan pemerintah, untuk itu pertemuan tadi menjadi sangat penting.

Terhadap aspirasi yang mengusulkan agar subsidi APBD untuk kegiatan sepak bola ditinjau ulang, Presiden memastikan Peraturan Pemerintah soal itu akan diperintahkan untuk dicabut. Untuk itu Menpora dan Mendagri diperintahkan segera membahasnya.

Namun yang jelas, harus ada pembatasan, supaya anggarannya tidak dimaksimalkan hanya untuk sepak bola saja. Presiden memastikan, persoalan persepakbolaan nasional segera berakhir sebelum Kongres FIFA pada bulan Mei 2016.

Pengurus klub Persis Solo merespon positif langkah para pegiat sepak bola Indonesia yang bakal kembali cerah. Hanya saja, Persis menginginkan kejelasan untuk turnamen terdekat yakni Indonesia Soccer Championship seri B. Pasalnya, saat ini baru dipastikan untuk pelaksanaan ISC seri A dimulai 29 April, sementara untuk level di bawahnya belum ada kepastian.

“Untuk level Divisi Utama baru dirancang awal bulan Mei. Karena untuk yang ISC A dipastikan dimulai 29 April di Jayapura dan dibuka oleh Presiden. Untuk ISC B baru akan ditentukan saat technical meeting tanggal 19 April,” terang sekretaris Persis Solo, Sapto Joko Purwadi, Sabtu (16/4).

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge