0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan Pemindahan Abu Bakar Baasyir ke LP Gunung Sindur

Abu Bakar Baasyir (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Hari ini, Sabtu (16/4), terdakwa kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir dipindahkan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusakambangan ke LP Gunung Sindur, Bogor. Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan alasan di balik pemindahan Abu Bakar Baasyir yakni kemanusiaan.

“Iya (pindahkan). Abu Bakar Baasir karena masalah kemanusiaan kita pindahkan hari ini. Karena umurnya semakin tua,” ujar Luhut saat menghadiri Ulang Tahun Kopasus Ke-64 di Lapangan Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (16/4).

Luhut menegaskan, pemindahan Abu Bakar Baasyir tidak melanggar aturan. Dia merasa perlu menjelaskan ini agar rakyat memahami keputusan pemerintah.

“Jadi saya ingin luruskan, tidak ada perubahan-perubahan yang di luar aturan terhadap penanganan semua tahanan yang terlibat masalah teroris. Jadi saya minta jangan rakyat disesatkan dengan berita-berita enggak benar. Pemerintah sangat memperhatikan masalah kemanusiaan tapi secara bersamaan menerapkan peraturan yang berlaku,” pungkasnya.

Sebelumnya, proses pemindahan terpidana teroris, Abu Bakar Baasyir dari LP Pasir Putih Pulau Nusakambangan Cilacap ke LP Gunung Sindur Kabupaten Bogor dilakukan hari ini, Sabtu (16/4).

Pantauan merdeka.com di lokasi, proses pemindahan Abu Bakar Baasyir dikawal ketat oleh polisi sejak dari Pulau Nusakambangan Cilacap menuju Bandara Tunggul Wulung. Pesawat Cassa mendarat di bandara Wirasaba sekitar pukul 10.10 WIB dan kemudian langsung terbang kembali membawa Abu Bakar Baasyir sekitar pukul 10.15 WIB.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Cilacap, Ajun Komisaris Besar Ulung Sampurna Jaya, mengatakan pihaknya hanya melakukan pengawalan untuk proses pemindahan Abu Bakar Baasyir.

“Polres Cilacap dapat perintah dari Polda Jateng untuk pengamanan pemindahan Abu Bakar Baasyir. Situasi pemindahan aman dan kondusif,” katanya usai di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap, Sabtu (16/4).

Pengawalan sepanjang perjalanan berlangsung cukup ketat. Selain di perjalanan, penjagaan ketat juga dilakukan di area Bandara Tunggul Wulung. Ulung mengemukakan, sebelum berangkat, Abu Bakar Baasyir terlebih dahulu diperiksa kesehatannya.

“Abu Bakar Baasyir dipindah bersama pendampingnya, Nasir dengan menggunakan pesawat dari Polisi udara,” jelasnya.

Perpindahan Abu Bakar Baasyir ke LP Gunung Sindur juga diikuti dengan kembalinya Freddy Budiman ke LP Nusakambangan. “Tadi Abu bakar Baasyir menggunakan pesawat yang sama dengan yang digunakan Fredi Budiman. Setelah turun, Fredi Budiman langsung dibawa menggunakan kendaraan barracuda menuju Pulau Nusakambangan,” jelasnya. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge