0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Abu Bakar Baasyir Dipindah dari Nusakambangan?

Nusakambangan jelang pemindahan Abu Bakar Baasyir (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir dikabarkan bakal dipindah dari Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan. Satu kendaraan perintis barakuda sudah nampak berjaga sekitar pukul 05.25 WIB. Barakuda ini menyeberang ke Pulau Nusakambangan dengan menggunakan Kapal Pengayoman IV.

Beberapa mobil patroli pengawal sudah memasuki area dermaga. Selain itu, sekitar tujuh petugas bersenjata laras panjang menggunakan kendaraan roda dua juga sudah bersiap di sekitar dermaga sekitar pukul 08.30 WIB. Tak hanya itu, mobil barier dan satu kompi pasukan dalmas juga disiagakan.

Dari pantauan merdeka.com, terlihat beberapa perwira menengah kepolisian yang juga bersiap di sekitar dermaga. Meski begitu, hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi mengenai rencana pemindahan pemimpin Jamaah Anshorut Tauhid, Abu Bakar Baasyir dari Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan Cilacap ke LP Gunung Sindur Bogor, Jawa Barat.

Koordinator Tim Pengacara Muslim, Ahmad Michdan mengemukakan hingga saat ini belum ada pemberitahuan mengenai pemindahan kliennya tersebut.

“Kita tidak diberitahu, tetapi rumor yang berkembang begitu (pemindahan Abu Bakar Baasyir), tapi kita tidak pernah dapat pemberitahuan pemindahan,” ujar Ahmad Michdan saat dihubungi Sabtu (16/4).

Asisten pribadi Abu Bakar Baasyir juga mengaku belum mendengar kabar rencana pemindahan terpidana kasus penyandang dana pelatihan teroris di Pegunungan Jalin Janto tersebut.

“Saya malah baru tahu dari wartawan tentang kabar ini (pemindahan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Nusakambangan). Saya belum bisa memastikan, karena tadi saya hubungi petugas lapas dan sipir, tidak ada kabar tersebut,” katanya.

Dari informasi yang dihimpun, di Bandar Udara Tunggul Wulung, Cilacap Jawa Tengah, sterilisasi area sudah dilakukan petugas. Beberapa jurnalis yang coba memasuki area bandara tidak diperkenankan mendekati kawasan tersebut. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge