0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jateng Dapat Jatah 5 Ribu Homestay dan 5 Ribu Toilet Bersih

ilustrasi (www.homestays.in)

Timlo.net – Pemerintah menawarkan paket kredit kepemilikan homestay dan kredit kepemilikan toilet bersih dengan bunga ringan. Terutama di kawasan destinasi wisata, atau akses menuju ke kawasan wisata.

Ada formulasi yang bagus untuk dikembangkan di Jawa Tengah. Yakni dengan memberi opsi jatah 5.000 homestay dan 5.000 toilet bersih di provinsi tersebut.

“Syarat homestay sangat mudah, total kredit Rp 150 juta, uang muka 1 persen atau Rp 1,5 juta. Cicilan selama 20 tahun fix (tidak berubah-ubah), bunga 5 persen atau nilai cicilan tidak lebih dari Rp 800 ribu. Arsitekturnya menggunakan gaya arsitektur nusantara, disesuaikan dengan desain rumah adat masing-masing,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, seperti rilis yang dikutip Timlo.net, Jumat (15/4).

Hal yang sama juga untuk usaha toilet bersih. Toilet yang standar, yang dikelola oleh UMKM, yang berada di kawasan pariwisata.

“Saya sudah menghitung, jika sekali orang masuk Rp 2.000, maka satu tahun saja sudah bisa nutup. Ini menguntungkan masyarakat, menguntungkan UMKM, menguntung pariwisata, menguntungkan costumer,” kata dia.

Arief Yahya sudah membicarakan skema ini ke Menteri PU PR dan Presiden Joko Widodo. Mereka setuju dengan pola ini, karena bisa menjadi terobosan yang terasa dampaknya buat masyarakat. Distribusi perumahan untuk rakyat juga mencapai target.

“Semua harus menggunakan pendekatan bisnis. Dengan begitu kita akan mengajarkan kepada masyarakat bagaimana mengelola homestay, teknis perawatan, standart menerima dan menjamu tamu, dan sebagainya,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge