0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rp 200 Juta Untuk Pasar Darurat Karangpandan

Sisa-sisa kebakaran Pasar Karangpandan (nanang rahadian)

Karanganyar — Pasar darurat bagi pedagang Pasar Karangpandan mulai dibangun pekan depan. Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyiapkan anggaran sekitar Rp 200 juta untuk pasar darurat tersebut.

“Sedang kita hitung berapa kebutuhan anggaran untuk pembangunan pasar darurat,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Jumat (15/4).

Selanjutnya, anggaran pembangunan pasar darurat memanfaatkan dana tak terduga tanggap bencana. Prosedurnya harus dikeluarkan terlebih dahulu surat keputusan status darurat. Hal ini dikarenakan kebakaran tersebut termasuk bencana.

”Kita lakukan percepatan untuk pemulihan Pasar Karangpandan. Setelah dihitung berapa kebutuhannya, langsung membangun pasar darurat. Paling cepat minggu depan sudah bisa dimulai,” kata Bupati.

Pembangunan pasar darurat berlokasi di dua los pasar yang terbakar. Pertimbangannya banyak pedagang yang tetap ingin berjualan di lokasi tersebut. Pasar darurat yang akan dibangun tersebut hanya sementara. Karena pembangunan total direncanakan dilakukan tahun depan.

”Lokasi pasar darurat di bekas kebakaran itu. Sisa kebakaran sudah selesai dibersihkan, jadi segera bisa dibangun,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Karanganyar Larmanto mengungkapkan, total ada 198 kios yang terbakar. Kios yang akan dibangun sesuai dengan jumlah total tersebut.

”Pembangunannya mungkin butuh waktu satu bulan. Selama belum selesai dibangun, pedagang disediakan tempat sementara di terminal angkutan barang utara Pasar Karangpandan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge