0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sembilan Warga Nanasan Terserang DB

Petugas melakukan fogging di Dukuh Nanasan Desa Malangjiwan, Colomadu (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Sembilan warga Dusun Nanasan, Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, terserang penyakit demam berdarah (DB). Satu warga di antaranya, harus dirawat ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif akibat penyakit tersebut, sementara delapan lainnya menjalani rawat jalan.

“Kami memang meminta pemerintah, agar dilakukan fogging karena penderita DB di sini cukup banyak. Tapi baru sekarang terlaksana,” kata Ketua RT 2 RW 3 Dusun Nanasan Prabowo, Kamis (14/4)

Prabowo mengatakan, penyakit DB diketahui sudah menyerang warga di wilayahnya sejak dua bulan lalu. Untuk memberantas dan menekan penyebaran nyamuk Aedes Aegepty penyebab DB wilayah Dusun Nanasan di-fogging petugas dari instansi terkait, Kamis (14/4).

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Colomadu I Mardikaningtyas Kusumaningsih mengatakan, kasus DB di Colomadu cukup banyak. Dari catatannya, ada 34 jiwa yang terserang penyakit tersebut sejak awal tahun ini hingga Maret.

“Kami mengimbau masyarakat untuk intensif melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Cara ini paling efektif untuk memberantas nyamuk dan menekan perkembangan nyamuk, dibandingkan fogging. Gerakan secara kontinyu, akan membuat nyamuk tidak bisa berkembang biak,” katanya.

Sedangkan untuk fogging, akan dilakukan sesuai aturan. Yakni jika ada tiga orang penduduk di satu wilayah yang terindikasi DB, serta radius 100 meter dari penduduk yang terkena DB.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge