0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PLN Boyolali Data Pelanggan Listrik 900 VA

Petugas PLN data pelanggan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Perusahaan Listrik Negara (PLN) Regional Boyolali mencatat ada 483 rumah tangga yang menjadi pelanggan listrik 900 VA. Pendataan pelanggan 900 VA berkaitan dengan rencana pemerintah yang akan mencabut subsidi listrik.

“Data sudah kita  serahkan ke PLN Distribusi Semarang dan DIY,” kata Kepala Supervisor Administrasi PLN Ragional Boyolali, Rudi Dwi Cahyono, Jumat (15/4).

Dijelaskan, pendataan pelanggan 900 V dilakukan sejak bulan Januari hingga akhir Maret kemarin dengan melibatkan puluhan petugas yang disebar di 19 kecamatan. Dijelaskan, pencabutan subsidi listrik 900 VA yang tidak masuk sebagai warga miskin merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Kita hanya lakukan pendataan sesuai instruksi pusat. Menurut informasi pencabutan subsidi akan dilakukan awal bulan Juni mendatang,” tambahnya.

Di sisi lain, setelah ada rencana pencabutan subsidi listrik untuk 900 VA, pihaknya banyak menerima permintaan dari pelanggan untuk menaikkan daya menjadi 1.300 VA. Nantinya, untuk pelanggan 1.300 VA akan diterapkan sistim prabayar. Saat ini sudah ada 33 pelanggan listrik 1.300 VA baru.

“Kita gratiskan bagi pelanggan 900 VA yang ingin naikkan daya menjadi 1.300 VA,” ujarnya.

Jumlah pelanggan listrik di PLN Boyolali sebanyak 137.445 rumah tangga. Mereka meliputi pelanggan pascabayar dan prabayar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2% hingga 3% sering menunggak pajak hingga tiga bulan.

“Kalau sudah menunggak tiga bulan, meteran listrik akan kita cabut,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge