0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Salah Ketik Kode, Pria Ini Hapus Seluruh Perusahaannya

Kode komputer. (Dok:Timlo.net/northkoreatech.org)

Timlo.net—Seorang pria mengetik sebuah kode kecil yang salah dan secara tidak sengaja menghapus semua jejak digital dari perusahaannya. Tidak hanya perusahaannya yang terhapus, tapi semua situs yang dia buat untuk para kliennya.

Menurut situs the Independent, penyedia hosting Marco Marsala panik dan mengunjungi forum untuk para ahli server setelah melakukan kesalahan ini. Kode perintah yang dia tulis adalah “rm -rf”. Kode singkat terdiri dari lima karakter ini rupanya merupakan kode perintah bagi komputer untuk menghapus semuanya, menimpa semua peringatan yang biasanya muncul saat kita menghapus file.

“Saya memiliki sebuah layanan penyedia hosting kecil dengan kurang lebih 1535 pelanggan dan saya menggunakan Ansible untuk membuat beberapa operasi berjalan otomatis untuk semua server. Semalam, saya tanpa sengaja menjalankan sebuah skrip Bash dengan rm -rf {foo}/{bar},” terang Marco.

“Semua server terhapus dan backup offisite juga, karena remote storage juga terkena dampak dari kode yang sama,” tulisnya.

Sayangnya, para ahli server yang ada di forum itu tidak bisa banyak membantu. Mereka justru memberitahunya jika dia mungkin menghancurkan seluruh bisnisnya. “Saya minta maaf untuk mengatakan ini tapi komputer Anda pada dasarnya mati,” tulis seorang pengguna forum.

“Anda gulung tikar. Anda tidak perlu saran teknis, Anda perlu memanggil pengacara Anda,” tulis seorang pengguna lain.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge