0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati : Target 10 Ribu Wirausahawan Tercapai Dalam Dua Tahun

Juliyatmono, Bupati Karanganyar (dok.timlonet/nanang rahadian)

Karanganyar – Bupati Karanganyar mengklaim program 10 ribu wirausahawan mandiri sudah mencapai lebih dari separuh. Program tersebut tidak hanya sekedar diukur dari segi kuantitas, namun lebih ditekankan pada multiplier effect. Bupati yakin dalam dua tahun kedepan target 10 ribu wirausahawan baru bisa tercapai

”Program 10 ribu wirausahawan mandiri kita melihatnya tidak hanya dari segi kuantitas, tapi lebih kepada kualitas. Di mana berbagai macam program penyaluran bantuan kepada pelaku usaha ditambah pembangunan infrastruktur mampu mendorong perkembangan ekonomi,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (13/4).

Pernyataan itu menanggapi kritikan DPRD Karanganyar yang menuding program tersebut tidak berhasil. Dia mencontohkan seperti halnya penataan jalan Lawu dari Papahan-Tegalgede yang mampu membuka peluang usaha baru. Banyak pelaku usaha kuliner yang memanfaatkan kawasan city walk Jalan Lawu tersebut setelah dilakukan penataan.

“Muncul pedagang baru yang juga wirausahawan mandiri yang memanfaatkan city walk,” jelas Bupati

Contoh lainnya, lanjut Bupati, seperti pemberian gerobak dan tenda kepada pedagang yang mampu meningkatkan perekonomian pedagang. Selain itu, pemkab juga membangun tempat usaha di kawasan wisata dan membuat pujasera.

“Hingga saat ini sudah terbentuk sebanyak enam ribu wirausahawan mandiri baru di Karanganyar. Dalam dua tahun kedepan target kita bisa terpenuhi,” katanya.

Seperti diketahui, program 10 ribu wirausahawan mandiri menjadi sorotan kalangan DPRD Karanganyar karena dinilai belum terlihat hasilnya. Kritikan tersebut disampaikan melalui Sidang Paripurna Penyampaian Pemandangan Umum Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun 2015. Selanjutnya, DPRD memberikan rekomendasi kepada Pemkab Karanganyar.

”Kami meminta program 10 wirausahawan mandiri ini untuk dioptimalkan, karena program ini salah satu janji kampanye bupati saat pilkada lalu,” kata Ketua Fraksi PDI P, Latri Listyowati, Rabu (13/4).

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge