0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Didesak Tata Ulang Kios Pasar Karangpandan

Pasar Karangpandan terbakar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Komisi D DPRD Karanganyar meminta Pemerintah Kabupaten Karanganyar tidak hanya sekedar membangunkan los bagi pedagang Pasar Karangpandan setelah terbakar. Namun, Pemkab juga harus menata ulang tata letak maupun jarak berjualan bagi pedagang.

”Kios di sisi selatan umpek-umpekan. Padahal sisi utara masih longgar. Wajar saja kalau kebakaran karena konsleting. Instalasi listriknya juga semrawut,” kata Ketua Komisi B Tony Hatmoko, Selasa (12/4)

Menurutnya, ruang kosong di sisi utara tersebut seharusnya bisa dimanfaatkan. Pedagang pakaian selama ini berjejal di sisi selatan dekat pintu masuk utama. Jika ditata ulang, mereka bisa digeser sedikit ke utara. Kemudian pedagang sembako yang saat ini berada di bagian tengah bisa digeser ke utara. Sehingga seluruh kios bisa terpakai dan tidak berdesak-desakan.

”Kalau penataan tepat, pasar semakin rapi, ramai dan aman dari kebakaran. Apalagi Pasar Karangpandan paling strategis di antara pasar-pasar lain di wilayah Karanganyar timur. Ini harus dioptimalkan,” jelas Tony.

Setelah pasar darurat dibangun, Pemkab harus bermusyawarah dengan pedagang untuk penataan lokasi jualan. Terkait rencana penempatan sementara selama pasar dibangun, banyak pedagang menolak. Alasannya, pasar darurat lokasi kurang strategis dan sepi pembeli

”Kepentingan pedagang harus diutamakan. Di APBD Perubahan harus menjadi skala prioritas untuk segera dibangun,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Karanganyar. Larmanto penghitungan kebutuhan untuk membangun pasar darurat di lokasi kebakaran. Pembangunan pasar darurat dilakuan bulan ini. Selama pembangunan itu, bagi pedagang yang mau berjualan ditempatkan di lokasi sementara.

”Jadi nanti kios darurat akan dibangun di lokasi kebakaran. Ini sifatnya sementara, karena rencananya akan dibangun total,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge