0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan Himbau Seluruh Kelurahan Tiru PHBS di Mojosongo

10 perilaku hidup bersih dan sehat (dok.timlo.net/gg)

Solo — DPRD Solo menghimbau kepada seluruh kelurahan di Kota Solo untuk meniru Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang berada di Kelurahan Mojosongo, Jebres. Imbauan ini muncul setelah Kelurahan Mojosongo ditetapkan sebagai wakil Propinsi Jawa Tengah dalam lomba PHBS di tingkat nasional.

“Kami apresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Kelurahan Mojosongo. Kami menghimbau, seluruh kelurahan di Kota Solo dapat menirunya,” terang Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti, Kamis (14/4).

Seharusnya, kata Hartanti, program yang masuk dalam penilaian pemerintah pusat tersebut dapat diadopsi oleh kelurahan lain. Karena aspek penilaian dan nilai kehidupan yang ditanamkan di Kelurahan Mojosongo itu sesungguhnya adalah nilai kebaikan.

Meski begitu, Politikus PDIP ini juga meminta supaya masyarakat Mojosongo juga benar-benar mewujudkan perilaku hidup sehat secara menyeluruh. Salah satunya, mewujudkan kawasan bebas asap rokok. Jika itu berhasil diwujudkan, kedepan kelurahan tersebut dapat menjadi parameter penilaian masyarakat sehat di Kota Solo. Namun jika pencanangan bebas asap rokok itu hanya karena mengikuti lomba, maka ia tak yakin dapat berhasil dilakukan di seluruh Kota Solo.

“Jangan sampai cuma slogan, setelah lomba kembali lagi,” kata dia.

Sementara, Sekretaris  Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro juga meminta supaya pejabat di berbagai dinas termasuk Pemkot dan DPRD turut meniru PHBS dengan tidak merokok sembarangan. Pasalnya, dirinya masih menemui sejumlah pejabat yang merokok sembarangan meski mengetahui bahwa ruang tersebut harusnya bebas dari asap rokok.

“Di ruang AC pun juga tetap nglepus,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge