0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menpar Yakin Pariwisata Indonesia Bisa Berkembang Pesat

Arief Yahya (merdeka.com)

Timlo.net – Pariwisata Indonesia diklaim bisa bersaing di kancah dunia internasional. Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan bersama stakeholders di Sumsel, kemarin.

Dia menyebut, saat ini Indonesia masih jauh di bawah Malaysia, Singapura dan Thailand. Dari data kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), Indonesia baru tembus 10,4 juta, Singapura 15 juta, Malaysia 25 juta, Thailand 30 juta kunjungan wisata.

“Saya yakin, dalam dua tahun akan mengalahkan Malaysia, dan dalam empat tahun mengalahkan Thailand,” jelas Arief Yahya.

Tanda-tanda itu sudah bisa dilihat dari tahun 2015 ini. Pertumbuhan atau growth wisman ke Indonesia, naik 10,3 persen. ASEAN naik 5,1 persen. Singapore naik 0,9 persen, Malaysia turun 15,7 persen dan Thailand naik 20,4 persen.

“Dari country branding, Wonderful Indonesia naik menjadi peringkat 47, dari sebelumnya tidak punya peringkat. Itu sudah mengalahkan Truly Asia Malaysia papan 96, termasuk Amazing Thailand peringkat 83,” ungkap dia.

Berbagai kompetisi yang digelar secara resmi (official) oleh lembaga resmi yang mengurusi pariwisata dunia, Indonesia juga membuktikan diri. World Halal Travel Award 2015, di Abu Dhabi, Uni Arab Emirate, Indonesia menyabet 3 penghargaan.

Dari UNWTO Award 2016 di Madrid Spanyol, Indonesia juga menyabet 3 penghargaan. Lalu di level regional ASEAN, melalui ASEANTA Award di Manila, Filipina, Indonesia merebut 3 penghargaan, Malaysia 2 award.

Penghargaan di setiap travel mart, kata Arief, juga tidak pernah absen. Wonderful Indonesia selalu juara. Dari desain, fasilitas, performance, kemudahan dan lainnya di tahun 2016 ini.

Di Bulgaria mendapat Award for Active National Presentation di Holiday & Spa Expo 2016. Lalu di Outbond Travel Mart Mumbai, India, juga juara. Di Los Angeles Travel and Adventure Show 2016. Award di Pays d’Honneur di Paris 2016. Dilanjut India International Travel Mart 2016, dapat tiga penghargaan sekaligus. Hongkong di Flower Festival 2016 juga. The Best Exhibitors Award di ITB Berlin, travel mart terbesar dan paling terkenal di dunia.

“Kalau cultural industry, anak-anak Indonesia itu mampu bersaing. Anak-anak kita hebat di creative. Kita juga punya potensi alam dan budaya yang kuat,” ungkapnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge