0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Darurat Karangpandan Dibangun dengan Dana Tak Terduga

Pasar Karangpandan terbakar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  — Pemkab Karanganyar akan membangun kembali 3 los di Pasar Karangpandan, yang terbakar pada Rabu (6/4) dinihari. Los akan dibangun secara darurat, karena rencananya pada 2017 mendatang, seluruh bangunan pasar akan direnovasi.

“Dua los yang terbakar merupakan aset milik pasar, sementara 1 los lainnya dibangun swadaya oleh pedagang,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Karanganyar Larmanto, Rabu (13/4).

Larmanto mengatakan, ketiga los nanti akan dibangun lagi secara darurat, agar pedagang bisa segera berjualan lagi. Untuk pembangunan kembali los yang terbakar, Larmanto mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait lain sudah dipanggil Bupati untuk mendapat arahan.

“Menurut Bupati, karena kebakaran tersebut termasuk kategori bencana, maka pembangunan los darurat bisa menggunakan dana tak terduga,” jelas Larmanto.

Selain itu, lanjut Larmantoi, pihaknya juga  mengirim surat ke instansi teknis untuk meminta dilakukan perhitungan biaya pembangunan los darurat. Segera setelah  ada jawaban, los akan dibangun kembali dan pedagang bisa kembali berjualan. Selama pembangunan los darurat berlangsung, pedagang bisa menempati los di pasar sebelah utara untuk sementara.

“Pembangunannya mungkin butuh waktu sebulan. Kami siapkan tempat untuk berjualan sementara di los pasar utara,” ujarnya.

Disinggung mengenai retribusi terhadap pedagang yang terkena musibah, Larmanto menjawab, bagi yang tidak berjualan tidak akan dipungut retribusi.

“Tapi yang masih jualan, ya tetap dipungut retribusinya,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge